3.000 WISMAN AKAN SAKSIKAN GMT DI SULTENG


3000 WISMAN AKAN SAKSIKAN GMT DI SULTENG
TAMAN LAUT
Sebanyak 3.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa dipastikan datang ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk menyaksikan fenomena alam gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.
"Saat ini sudah tercatat 3.000 wisman dari 12 negara yang memastikan menyaksikan GMT," kata Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Siti Norma Mardjanu di Palu, Kamis (7/1/2016).

Negara-negara itu antara lain Singapura, Malaysia, Inggris, Perancis, Amerika Serikat, India, China, dan Italia.

Kemungkinan besar jumlah wisman akan bertambah karena waktunya masih cukup lama. "Kami berharap jumlah wisman yang akan datang lebih banyak lagi," katanya.

Menurut Siti, semakin banyak wisman datang ke Sulteng, akan semakin menguntungkan bagi semua pihak, termasuk masyarakat.

Karena selama berada di Sulteng, para wisman akan mengeluarkan biaya cukup besar baik untuk sewa hotel, transportasi dan berbelanja berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Dalam rangka menyambut GMT, Pemprov Sulteng telah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas yang dibutuhkan para wisman seperti hotel-hotel untuk mereka menginap dan juga obyek-obyek wisata menarik yang bakal dikunjungi.

Termasuk pula menyediakan berbagai atraksi seni dan budaya di beberapa titik, termasuk di Kota Palu, Sigi, Tojo Una-Una,Poso, Parigi Moutong dan Kabupaten Donggala

"Kami telah melakukan koordinasi semua pihak terkait untuk mensukseskan kegiatan dalam rangka menyambut para wisman yang akan datang untuk menyaksikan GMT,"kata Siti Norma Mardjanu.

Masyarakat yang ada di sekitar lokasi GMT harus kreatif dan inovatif bagaimana bisa memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah pundi-pundi keuangan rumah tangga dengan menyediakan berbagai kebutuhan seperti makanan khas dan sovenir.

Sejumlah obyek wisata unggulan Sulteng yang akan menjadi tujuan wisata dalam rangka GMT antara lain Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Danau Lindu di Kabupaten Sigi, Pulau Togean di Kabupaten Tojo Una-Una, Danau Poso di Kabupaten Poso dan Pantai Kayubura, lokasi Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong.