TIPS TRAVELING BERSAMA KELUARGA AGAR TIDAK MENGECEWAKAN TAPI MENGESANKAN

TIPS TRAVELING BERSAMA KELUARGA AGAR TIDAK MENGECEWAKAN TAPI MENGESANKAN
WISATA KELUARGA
Siapapun yang melakukan perjalanan liburan bersama keluarga tujuannya sama, senang dan tidak ingin kecewa. Pulang atau selesai dari perjalanan keluarga kesan yang mendalam dan rasanya selalu ingin mengulangi kebersamaan di liburan tahun depan atau lain waktu. Jadi kalau kita harus berhati-hati dalam merencanakan liburan tidak berlebihan bahkan suatu keharusan. Mulai dari awal hingga tujuan wisata dan lega pulang dari perjalanan liburan. Berikut caranya:
1. Inventarisir atau hitung berapa atau siapa saja yang ikut.

Berapa keluarga yang ikut dalam perjalanan, satu, dua atau tiga keluarga. Inventarisir jumlah anak yang belum dewasa. Terutama jika peserta ada yang anak balita. Ini penting karena anak balita membutuhkan perhatian sendiri sehingga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih destinasi wisata.

2. Tentukan Transportasi Yang Digunakan.

Jika perjalanan keluarga dilakukan oleh 2 atau 3 keluarga harus ditentukan transportasi  yang digunakan. Apakah memakai mobil sendiri dengan beberapa mobil atau satu mobil dalam satu rombongan. Jika harus membawa mobil pribadi dengan beberapa mobil pastikan bahwa setiap mobil ada pemandu jalannya dan tetapkan tempat istirahat setelah sekian jauh perjalanan. Pastikan bahwa setiap mobil pengemudinya tahu persis jalur-jalur yang di lalui jangan sampai salah satu mobil/rombongan kehilangan arah atau jejak. Yang menyebabkan saling tunggu dan tujuan wisata tidak bisa ditempuh sesuai waktunya.

3. Menentukan Tanggal Perjalanan dengan pasti lebih awal.

Setelah terinventarisir semua peserta perjalanan keluarga yang perlu di atur adalah menetapkan tanggal untuk berlibur. Teliti dan periksa hari atau tanggal cuti kerja, tanggal hari libur anak sekolah. Setelah itu pilih dan disesuaikan lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan liburan. Pilih kapan melakukan perjalanan apakah akan pergi ketika padat kunjungan atau saat musim sepi kunjungan. Yang penting sudah menjadi pilihan bersama.

4. Buat Daftar destinasi favorit.

Waktu dan lama perjalanan sudah ditentukan, sesuai waktu yang sudah ditentukan cari dan membuat daftar semua tempat yang ingin dikunjungi dan kemudian memilih obyek wisata yang paling menarik. Ini sangat penting jangan sampai setelah tiba umpamanya di suatu kota masih mendiskusikan obyek yang mau dikunjungi. Pastikan semua anggota membuat daftar masing-masing. Lalu diskusikan dari daftar-daftar tersebut. Tempat-tempat mana yang akan dikunjungi, akan makan di mana menginap di mana. Jangan lupa untuk memeriksa cuaca daerah tujuan wisata. Jika ada sedikit kesulitan dalam menentukan tujuan wisata apalagi pesertanya dari berbagai umur, cobalah anak-anak yang memilih dan yang dewasa mengiyakannya (alias mengalah)

5. Kumpulkan Informa Liburan secara on line dan of line.

Jika pilihan perjalanan dengan menggunakan agen wisata, ada banyak website yang membahas destinasi wisata favorit. Secara rinci bisa di cek tempat-tempat wisata tersebut, mengenai hotel, tempat belanja, restoran obyek wisata dan lain-lain. Setelah melihat dari website rancang itinerary per harinya berdasarkan hasil temuan dari website-website. Secara of line cari referensi dari teman-teman yang pernah menggunakan suatu agen wisata dan daerah yang pernah di kunjungi teman. Sehingga rekomendasi dari teman-teman kita bisa meyakinkan kita bahwa pilihan kita cocok. Pengalaman teman kita jadikan gurunya.

6. Periksa agen wisata untuk mendapatkan diskon.

Untuk menghemat anggaran perlu juga dipertimbangkan agen wisata yang menawarkan berbagai diskon. Mulai dari tiket pesawat, hotel, fasilitas akomodasi, tiket acara lokal, atau juga paket wisata. Selain menghemat anggaran, juga akan membantu kita menikmati tempat wisata secara penuh.

7. Buat daftar Packing.

Disarankan untuk setiap keluarga membuat daftar packing atau barang-barang sendiri, apa saja yang akan dibawa. Kemudian diskusikan secara bersama mana yang memang perlu dibawa dan mana yang tidak. Sesuaikan baju-baju atau costum sesuai cuaca tempat tujuan wisata. Jumlah sesuai kebutuhan dan jika perjalanan menggunakan pesawat jangan membawa barang melebihi ketentuan bagasi pesawat.

Demikian tips traveling bersama keluarga dari Kencana Lestari Ekspress, selamat bertraveling. Selamat Berwisata.