AGENDAKAN LIBURAN KE GORONTALO, ADA 8 FESTIVAL SIAP DIGELAR

AGENDAKAN LIBURAN KE GORONTALO, ADA 8 FESTIVAL SIAP DIGELAR
FESTIVAL KARAWOO GORONTALO
Delapan festival wisata dan budaya akan digelar Pemprov Gorontalo selama tahun 2016. Festival-festival tersebut diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke Gorontalo.

Festival-festival tersebut antara lain Festival Pesona Otanaha, Festival Pesona Danau Limboto, Festival Pesona Saronde, Festival Pesona Boalemo, Festival Karawo (November 2016), Festival Tumbilotohe (Juli 2016), Festival Bedug (Juli 2016), Karapan Sapi dan Pacuan Kuda (Desember 2016), Gebyar Ketupat (Juli 2016), dan Festival Walima (Desember 2016).

Untuk Festival Pesona Otanaha akan berlangsung di obyek wisata Benteng Otanaha, Kota Gorontalo pada 28-31 Mei 2016. Acara yang akan digelar antara lain seperti pegelaran tarian daerah, stand-upkomedi daerah, kuliner tradisional “Duwo”, dan pameran expo industri kerajinan.

Sedangkan untuk Festival Pesona Danau Limboto akan berlangsung di obyek wisata Pentadio Resort pada 16-26 November 2016 dengan menampilkan pawai budaya, lomba perahu tradisional, lomba lari 10 kilometer, Lomba Kicau Burung Mania, Aksi Bersih Danau, Fun Dive Olele, dan aneka acara lain.

Sementara, untuk Festival Pesona Boalemo akan berlangsung Pantai Bolihuto pada 27 November hingga 3 Desember 2016 dengan dimeriahkan dengan acara tarian massal, Ekowisata Hutan Nantu, Festival Layang-Layang, Perahu Tradisional, parade yacht, dan aneka acara lain.

Festival Pesona Saronde akan berlangsung di obyek wisata Pulau Saronde pada 1-4 September 2016 dengan menampilkan parade yatch,Festival Langga, Penampilan tarian tradisional, dan kuliner tradisional.

Selain festival wisata yang akan digelar selama tahun 2016, Gorontalo juga memiliki obyek wisata yang bisa dikunjungi. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie, saat peluncuran Calender of Event Gorontalo di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (18/3/2016).

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengapreasiasi peluncuran Calender of Event Gorontalo tahun 2016 ini. Ia juga sempat mengaku kaget dengan kedatangan seluruh pihak pejabat daerah Gorontalo dalam rangka peluncuran kalender acara wisata.

"Ini lima kabupaten sampai kecamatannya datang semua. Contoh bentuk goverment incorporated," jelasnya.

Arief berharap dengan penyelenggaraan festival-festival di Gorontalo bisa menarik kunjungan wisatawan sebesar 120.000 wisatawan.


Hadir dalam acara Launching Calender of  Event Gorontalo 2016 sejumlah pejabat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) antara lain Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (DP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti, Wakil Gubernur Idris Rahim, serta para tokoh dan masyarakat Gorontalo yang ada di Jakarta.


Sumber : Kompas