AIR MANCUR BERWARNA TERBESAR DI ASIA TENGGARA

AIR MANCUR BERWARNA TERBESAR DI ASIA TENGGARA
AIR MANCUR SRI BADUGA PURWAKARTA JAWABARAT
Deret air berwarna-warni menari meliuk-liuk lincah bak penari. Goyangannya seakan membius mata para penonton di Taman Sri Baduga (Situ Buleud), Purwakarta, Jawa Barat.



Secara cekatan, tangan-tangan penonton langsung mengambil telepon pintar dari saku celana untuk mendokumentasikan tarian-tarian malam itu.

Liukan air-air itu diiringi oleh lantunan lagu yang secara beruntun diputar. Sepotong lagu Tanah Air tampak menggema memenuhi sudut-sudut ruang publik milik masyarakat Purwakarta. Penonton terkesan dan tak mau ketinggalan untuk berfoto.

Kerlap kerlip lampu yang mewarnai air mancur kian menarik mata ke kiri dan ke kanan. Merah, kuning, hijau, biru, dan ungu berpadu dengan musik menjadi harmoni yang meneduhkan penonton.

Air mancur berwarna-warni tersebut adalah bentuk atraksi wisata yang ditampilkan untuk wisatawan yang datang ke Taman Sri Baduga. Wisatawan bisa menyaksikan gemulai air mancur itu secara gratis.

Purwakarta memang cocok menjadi destinasi akhir pekan bagi warga Jakarta. Salah satunya adalah melihat pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga yang diklaim terbesar di Asia Tenggara 

"Wisatawan bisa datang di Sabtu malam. Pertunjukan ini bisa membuat wisatawan berdecak kagum," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada KompasTravel usai menerima kunjungan Walikota Sawahlunto di Taman Sri Baduga, Rabu (3/2/2016).

Berada di atas lahan 4 hektar, Dedi mengklaim air mancur ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Kemudian, hal yang membanggakan adalah dari segi penciptaan air mancur ini.
"Ini bukan buatan asing tapi putra kelahiran Purwakarta sendiri yang buat," jelasnya.

Anda bisa mulai datang ke Taman Sri Baduga pada sore hari sebelum melihat pertunjukan air mancur. Sambil menunggu, Anda bisa mencoba berlari memutari Taman Sri Baduga yang rimbun karena pepohonan.

Pertunjukan air mancur hanya akan diadakan setiap hari Sabtu sekitar pukul 19.00 WIB. Anda bisa melihat air mancur yang bergoyang naik turun dan ke kiri kanan sesuai dengan alunan musik.

Selain itu, air mancur juga akan berwarna karena efek yang ditimbulkan oleh warna-warni lampu. Setiap alunan lagu dan juga gerakan air mancur, warna seperti hijau, kuning, biru, merah, dan ungu akan bergantian memukau mata.

Pertunjukan air mancur akan berlangsung sekitar 15-20 menit. Anda bisa melihat dari sisi luar pagar yang melingkari area pertunjukan.

Ketika menonton pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, jangan lupa untuk membawa kamera. Arahkan kamera untuk mendokumentasikan pertunjukan air mancur terbesar se-Asia Tenggara ini.

Pantauan KompasTravel di sela-sela pertunjukan air mancur, penonton berpose di panggung yang berbentuk T tersebut. Di ujung panggung, Dedi Mulyadi duduk bersama Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf yang ikut menyaksikan pertunjukan.

"Yang bisa masuk area panggung itu tamu-tamu VIP. Biasanya pengunjung menonton di area luar pagar," kata seorang staf protokoler Bupati Purwakarta, Melly.

Dedi menjelaskan, Taman Sri Baduga ini masih dalam rencana pengembangan. Saat ini, menurutnya, Taman Sri Baduga telah memasuki pengembangan tahap ketiga.


"Sekarang tahap pelelangan. Nanti bulan Juli akan diresmikan mudah-mudahan sama Presiden Jokowi," ungkapnya 

Filosofi pertunjukan air mancur yakni adalah memperlihatkan keteduhan, bisa menurunkan stres dan darah tinggi sehingga orang yang tengah berada dalam tekanan bisa rileks. 


Ia berharap, adanya Taman Sri Baduga ini dapat menjadi daya tarik wisatawan jika mengunjungi Purwakarta. Dedi juga mengatakan, wisatawan bisa memanfaatkan Taman Sri Baduga untuk kegiatan berolahraga.

Jika ingin membuang "hajat", di area Taman Sri Baduga tersedia toilet yang dapat digunakan oleh wisatawan. Di dekat toilet, juga tersedia fasilitas air bersih untuk minum.
Taman Sri Baduga terletak sekitar 500 meter dari Kantor Bupati Purwakarta dan Stasiun Purwakarta. Wisatawan dapat menuju Taman Sri Baduga dengan berjalan kaki.

Sumber : Kompas