INDONESIA MERIAHKAN FESTIVAL KOPI DI AS

 COFFEE CUPPING & NETWORKING
Indonesia ikut menyemarakkan pameran Coffee Festival yang digelar di Jacob K. Javits Convention Center, New York. Hal ini untuk menunjukkan sekaligus merayakan pencapaian Indonesia sebagai rumah kopi terbaik di dunia.

"Kami ingin merayakan pencapaian Indonesia sebagai rumah kopi terbaik dunia, serta memperkenalkan Indonesia sebagai Specialty Coffee Asscociation of America Potrait Country 2016," kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago Wijayanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/3).

Dalam festival tersebut, ITPC Chicago membawa empat pengusaha kopi Indonesia yang berbasis di New York untuk memperkuatbranding. Jenis kopi yang disajikan dan dipromosikan antara lain kopi spesial Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan kopi Luwak.

Wijayanto mengatakan, kopi Indonesia sudah cukup dikenal di Amerika Serikat, khususnya kopi Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Meski kopi Indonesia sudah terkenal, promosi harus tetap dilakukan karena persaingan untuk komodias ini cukup berat.

"Khusus di Amerika Serikat, kopi dari Amerika Selatan paling banyak dikonsumsi karena lebih mudah diakses dan memiliki rasa yang sesuai dengan selera penikmat kopi di negara tersebut," kata Wijayanto.

Menurut Wijayanto, melalui promosi kopi Indonesia akan terus dikenal dan dapat memicu peningkatan permintaan kopi Indonesia ke Amerika Serikat. Ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada 2015 mencapai 339,6 juta dolar AS atau mengalami peningkatan sebesar 5,08 persen.
Menurut International Coffee Organization, Amerika Serikat merupakan salah satu pasar utama ekspor kopi Indonesia yang pertumbuhan konsumsinya relatif stabil. 


Sumber : Republika