PANTAI CANTIK BELITUNG YANG INSTAGRAMABLE

PANTAI CANTIK BELITUNG YANG INSTAGRAMABLE
PANTAI TANJUNG TINGGI BELITUNG
Siapa tak kenal dengan Belitung? Pulau Belitung yang identik dengan novel atau film "Laskar Pelangi" ini dikenal hingga ke luar negeri berkat film yang disutradarai Riri Riza itu diputar pada tahun 2008.

Pantai-pantai dengan formasi batuan granit yang menghampar di segala sisi bisa jadi latar belakang foto yang menarik ketika berwisata di sana. Begitu pun dengan halusnya pasir pantai yang siap membelai kaki Anda saat tiba di tepi pantai.

Nah, masih bingung dengan obyek wisata pantai di Belitung saat Anda berlibur panjang seperti tanggal 5-8 Mei 2016 ini? KompasTravelmemilih lima pantai yang bisa Anda bisa kunjungi saat di Belitung. Begitu cantiknya, hingga setiap foto Anda di tempat ini begitu layak dipamer di media sosial seperti Instagram.

Pantai Tanjung Kelayang

Sebelum menyeberang berkeliling pulau di Perairan Belitung, sejenak Anda bisa bermain di Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini dikenal sebagai pintu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil karena banyaknya kapal kayu yang menyediakan jasa antar.

Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Di sana, wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri pantai serta mendaki batuan granit yang seakan terlihat "parkir" di pinggir pantai.

Pantai Pulau Lengkuas

Tak jauh dari Pantai Pulau Lengkuas, sekitar 20 menit menggunakan kapal kayu, kunjungilah Pantai Pulau Lengkuas. Anda bisa melihat pasir pantai yang putih dan juga mercusuar yang berdiri kokoh sejak masa kolonial Belanda tahun 1882.

Anda bisa berkeliling Pantai Pulau Lengkuas dan jangan lupa untuk bidikkan kamera ke segala penjuru. Bosan berkeliling pantai, Anda juga bisa menceburkan diri ke tepi laut yang jernih.

Pantai Kepayang

Masih belum lelah berkeliling pantai? Cobalah datang ke Pantai Kepayang. Pantai ini tak jauh dari gugusan perairan Belitung yang bisa dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang.

Di Pantai Kepayang, Anda juga bisa bermain di pasir pantai yang putih juga air laut yang jernih. Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya fasilitas tempat makan dan juga toilet yang bisa Anda gunakan.

Pantai Tanjung Pendam

Sambil duduk bersantai, Anda bisa mengambil foto-foto di sekitar Pantai Tanjung Pendam. Di ujung ke arah barat dari Pantai Tanjung Pendam, sebuah pulau mungil terbujur kaku dihempaskan ombak.

Pantai Tanjung Pendam terletak sekitar 15 kilometer dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin yakni di Kelurahan Kampung Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Jika ingin ke sana, arahkan mobil atau kendaraan ke arah barat menyusuri Jalan Jenderal Soedirman menuju Jalan Pattimura di tepi pantai.

Untuk memasuki wilayah Pantai Tanjung Pendam, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 2.000 sekali masuk. Pantai Tanjung Pendam bisa dikunjungi hingga malam hari. Di sekitar area pantai, terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

Pantai Tanjung Tinggi

Jangan sampai lupa ke pantai yang terkenal dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi. Di sana, Anda bisa melihat pemandangan yang eksotis, air laut yang tenang dengan semburat warna biru kehijauan, batu-batu granit yang menjulang, dan berpasir putih halus.

Pantai ini berlokasi di 30 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan dan dapat ditempuh selama 45 menit perjalanan darat. Dapat juga dituju dari Pelabuhan Tanjung Kelayang, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit lewat jalan darat.