INI KUNCI CARA CARI MAKANAN HALAL DI JEPANG.

INI KUNCI CARA CARI MAKAKNAN HALAL DI JEPANG.
RAMEN JEPANG
Jangan khawatir akan makanan halal saat ke Jepang. Di negeri Sakura ini, Anda dapat tetap berpesta kuliner tanpa perlu merasa was-was akan bahan kandungan makanan, asalkan Anda tahu kuncinya.

Seperti dikutip dari buku "85 Best Spots in Japan" karya Maria Fransiska Merinda, makanan di Jepang umumnya mengandalkan sumber daya laut.

"Pada umumnya, ciri khas makanan Jepang banyak menggunakan hasil laut. Masakan Jepang dengan menggunakan daging sapi baru dikenal sejak restorasi Meiji, karena pada era Meiji budaya Barat mulai mempengaruhi Jepang," tulis Maria. Salah satu masakan Jepang berbahan sapi yang tekenal pada masa Meiji sekarang adalah Sukiyaki. 

Jadi dapat dipastikan jika Anda ke Jepang, mencari makanan halal dengan bahan sumber laut seperti sushi, sashimi akan terbilang lebih mudah. Hal yang perlu dihindari saat makan sushi dan sashimi adalah saus yang mengandung mirin atau sake karena mengandung alkohol.

Justru saat paling riskan adalah saat memesan ramen atau udon, mie khas Jepang yang telah mendunia.  Di Jepang, kaldu untuk ramen dan udon umumnya terbuat dari kaldu babi, sapi, atau ayam.
Ada pula kaldu Dashi, yang terbuat dari rumput laut dan tentunya halal. Anda perlu jeli melihat keterangan di buku menu atau paling baik jangan malu bertanya mengenai jenis kaldu yang digunakan untuk kuah ramen atau udon.

Apabila masih merasa ragu akan kehalalan makanan, Maria merekomendasikan restoran Muslim yang rata-rata adalah restoran masakan India, Malaysia, Pakistan, dan Turki. "Restoran-restoran tersebut menyediakan menu halal seperti kebab," tulis Maria. 

Harga makanan di Jepang juga beragam. Jika ingin berhemat Anda dapat membeli bento atau nasi kotak di stasiun kereta atau minimarket yang dijual dengan harga 300-500 yen atau setara dengan Rp 40.000 sampai Rp 65.000. 

Untuk rekomendasi tempat wisata terbaik di Jepang dan tips bermanfaat lainnya, Anda dapat membacanya di buku "85 Best Spots in Japan" terbitan Elex Media Komputindo.