TEMPAT-TEMPAT ASYIK DI SAAT BULAN RAMADHAN UNTUK DIKUNJUNGI

TEMPAT-TEMPAT ASYIK DI SAAT BULAN RAMADHAN UNTUK DIKUNJUNGI
ALUN-ALUN SIDOARJO
Ada yang bilang kalau bulan Ramadhan menjadi penghalang untuk berjalan-jalan?  Dengan berbagai alasannya masing-masing. Ketika tengah berpuasa, bukan berarti aktivitas jadi terbatas, termasuk jalan-jalan. Tentu saja tidak semua tempat bisa dikunjungi selama berpuasa. Berikut lokasi-lokasi asyik yang biasanya kurang ramai menjadi ramai saat Bulan Ramadhan.
TAMAN KOTA ATAU ALUN-ALUN

Hampir semua kota kabupaten di Indonesia punya alun-alun yaitu lapangan di depan rumah dinas kepala daerah/Bupati.  Saat bulan Ramadhan, suasana taman kota atau alun-alun akan sedikit berubah. Bisa lebih ramai dari hari biasanya karena  adanya  pedagang dadakan yg menjajakan makanan berbuka puasa  dan atribut lainnya. Kita bisa duduk-duduk menghabiskan waktu senggang anda di taman kota sambil bercengkrama dengan orang-orang terdekat. Bersama keluarga anda, atau teman-teman dekat untuk bertemu dan menghiasi taman kota. Tentunya suasana menjadi seru sambil menunggu saat berbuka.

PASAR RAMADHAN
Banyak bermunculan  pasar Ramadhan yang diselenggarakan oleh warga-warga saat bulan Ramadhan. Ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kita bisa menemukan aneka kuliner untuk persiapan buka puasa. Atau di tempat-2 tertentu pasar Ramadhan ini juga diikuti oleh kegiatan islami lainnya seperti pengajian di masjid hingga buka bersama, acara musik menanti buka puasa, hingga jualan-jualan perlengkapan ibadah. Semuanya berada di pinggir jalan atau spot khusus yang telah disepakati. Jalan-jalan di tempat ini sambil mengisi waktu luang anda tentu mengasyikkan, selain  suasana Ramadhan yang khas membuat anda semakin termotivasi untuk menunaikan ibadah puasa sebulan penuh
MASJID
TEMPAT-TEMPAT ASYIK DI SAAT BULAN RAMADHAN UNTUK DIKUNJUNGI
MASJID KUBAH MAS
Banyak mesjid besar di suatu wilayah biasanya akan membuat kegiatan rutin selama bulan Ramadhan. Antara lain buka puasa bersama, pengajian, hingga shalat tarawih berjamaah dan membaca Alqur’an. Kita  bisa pindah dari satu masjid ke masjid lain untuk mendapatkan suasana. Ramadhan yang berbeda. Kunjungan dari mesjid ke mesjid tentu akan menambah wawasan dan nuansa yang lebih banyak. Rasa di dalam hati yang berbeda yang kita rasakan ketika berada di mesjid yang satu dengan mesjid yang lain dengan segala keunikan serta sejarah tentang mesjid itu.
PERPUSTAKAAN
Kita semua tahu apa itu perpustaan dan yang ada di perpustakaan. Perpustakaan juga merupakan salah satu tempat yang menjadi pilihan wisata yang nyaman untuk dikunjungi saat bulan Ramadhan.  KIta bisa mengisi waktu dengan membaca buku dalam keheningan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tentu hal-hal yg positif dan juga menghabiskan waktu secara benar hingga tak terasa adzan Maghrib berkumandang. Bisa kita lakukan dengan rutin dan memilih bacaan bertema religi. Nuansa Ramadhan anda akan semakin kental saat berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku-buku islami.
MUSEUM
Belajar sejarah juga bisa di dapat dari museum, sejarah apapun tergantung museum apa. Mungkin saat hari-hari biasa anda jarang sekali bertandang ke museum. Tapi di bulan puasa ini, museum bisa jadi salah satu destinasi untuk anda. Museum memiliki ruangan yang tenang dan tentu saja beraneka ragam peninggalan sejarah yang penuh dengan informasi dan pengetahuan. Selain bisa meluangkan waktu dan menenangkan pikiran, di museum anda jadi tambah wawasan. Pilih museum yang di sekitar kita tinggal siapa tahu kita belum pernah berkunjung. Dan ternyata ada sejarah yang sangat mengagumkan.

Nah itulah lima destinasi asyik yang bisa dikunjungi saat bulan puasa sambil tetap menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan.